Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi menguat mendekati angka Rp9.600 per dolar, karena pelaku pasar memburu mata uang Indonesia, karena adanya kekhawatiran pertumbuhan ekonomi AS masih tak menentu.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar mencapai Rp9.620-Rp9.630 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.640-Rp9.650 atau naik 20 poin.

Pengamat pasar uang, Hari Kurniawan di Jakarta, Jumat mengatakan, kenaikan rupiah yang berlanjut akan mendorong mata uang Indonesia terus mendekati level Rp9.500 per dolar.

Apabila rupiah mencapai angka Rp9.500 per dolar, maka perkiraan sejumlah analis bahwa rupiah pada akhir tahun ini mencapai angka tersebut menjadi kenyataan, kata Hari Kurniawan.

Namun kenaikan rupiah, lanjut dia saat ini tidak diikuti oleh membaiknya bursa Indonesia yang dilanda aksi lepas saham sehingga dalam dua hari terkoreksi.

"Kami optimis koreksi itu hanya sementara dan pada gilirannya akan kembali mendukung pasar dengan membeli saham unggulan," ucap Hari Kurniawan.(*)