Washington (ANTARA News/AFP) - Menlu AS Hillary Clinton mengatakan bahwa pembicaraan multilateral dengan Iran di Jenewa, Kamis, "produktif" tapi menambahkan ia ingin Iran untuk melakukan tindakan konkrit.

"Itu hari produktif, tapi bukti dari hal itu belum terlaksana dengan baik," terang Hillary pada wartawan setelah AS, Rusia, China, Prancis, Inggris dan Jerman mengadakan pembicaraan dengan Iran di Jenewa.

Ia menyatakan ia telah membicarakan rincian mengenai pertemuan itu dengan William Burns, utusannya di Jenewa.

Ia berhati-hati untuk mengomentari mengenai tindakan belum lama ini yang mana Menlu Iran Manouchehr Mottaki melakukan kunjungan yang jarang terjadi ke Washington dan pemerintah di Teheran memberi para diplomat asing akses ke tiga pendaki AS yang ditahan.

"Saya akan menganggapnya sebagai pertanda positif ketika hal itu pindah dari gerak-isyarat dan perjnjian ke tindakan dan hasil," ia menjawab ketika ditanya berapa banyak gerak-isyarat mempengaruhi hubungan dengan Iran,

"Kami tidak berbicara demi pembicaraan itu," tambah Hillary.

"Kami ingin melihat tindakan nyata dan hasil positif. Dan saya kira pertemuan hari ini telah membuka pintu itu, tapi marilah kita lihat apa yang akan terjadi."(*)