Jakarta, (ANTARA News) - Rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berlangsung di Kantor Pusat DPP di Kawasan Lenteng Agung Jakarta Selatan, Rabu, memutuskan secara resmi mencalonkan Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR periode 2009-2014.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPP PDIP Cahyo Kumolo usai rapat menjelaskan, seluruh anggota DPR yang berasal dari PDIP diinstruksikan untuk mendukung keputusan DPP PDIP atas pencalonan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) partai berlambang banteng itu menjadi Ketua MPR.

"Seluruh komponen fraksi telah mendapat tugas masing-masing untuk melobi para legislator dari partai lain untuk memenangkan Taufiq Kiemas," katanya.

Ia menambahkan, partainya amat berkepentingan memimpin majelis pada periode mendatang dalam menjalankan sejumlah program legislasi dan konstitusi.

Untuk itu, menurut dia, PDIP akan melakukan pendekatan dan kesepakatan dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, baik yang memiliki kedekatan dengan partai itu maupun tidak.

"PDIP serius untuk proses pencalonan Pak Taufiq dan DPP telah membentuk tim lobi secara resmi, juga di tingkat fraksi," katanya.(*)