Jakarta, (ANTARA News) - Bank Dunia sepakat untuk mengucurkan pinjaman sebesar 1 miliar dolar AS untuk Indonesia guna mendukung pembiayaan defisit anggaran pendapatan belanja negara (APBN)-perubahan 2009 dan pencapaian target "Millenium Development Goals".

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Joachim von Amsberg dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa mengatakan, pinjaman itu senilai itu terbagi untuk dua jenis program pinjaman.

Program pinjaman 750 juta dolar akan disuntikkan untuk "Development Policy Loan" VI. Tujuan dari program punjaman ini untuk mendukung langkah Indonesia dalam memperbaiki iklim investasi, memperkuat manajemen keuangan publik dan mempercepat pengurangan angka kemiskinan.

Program pinjaman kedua 250 juta dolar AS untuk infrastruktur development loan III yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi belanja inffrastruktur pemerintah pusat, meningkatkan investasi swasta dalam proyek kemitraan dan memperbaiki tata kelola infrastrukutr di Departemen Pekerjaa Umum.(*)