Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi naik 15 poin menjadi Rp9.675-Rp9.690 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.690/9.700, karena pelaku pasar mulai membeli rupiah setelah tiga hari lalu melepasnya.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib di Jakarta, Selasa mengatakan, pelaku pasar melihat pasar regional membaik seperti bursa Hong Kong dan Jepang, segera memburu rupiah sehingga memicu mata uang lokal itu menguat.

Sentimen positif yang berasal dari bursa Wall Street memberikan nafas segar terhadap rupiah setelah mengalami tekanan yang cukup berarti, ucapnya.

Rupiah, menurut dia diperkirakan akan kembali menguat, karena sentimen positif cenderung makin kuat, karena pelaku asing makin optimis bahwa kegiatan perusahaan AS yang melakukan merger dan akuisisi menunjukkan pertumbuhan ekonomi makin baik.

"Kami optimis pasar akan makin mendukung pergerakan rupiah sehingga akan kembali ke posisi Rp9.500 per dolar,"katanya.(*)