Jayapura (ANTARA News) - Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Surya Paloh secara resmi mendeklarasikan pencalonan sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar dalam Munas Partai Golkar di Pekanbaru (Riau), 4-8 Oktober 2009.

Deklarasi pencalonan dilakukan di Gedung Olahraga (GOR) Cendrawasih Jayapura, Provinsi Papua, Kamis petang yang dihadiri ribuan kader partai. Pada kesempatan itu, Surya paloh menyampaikan pidato politik dan dengan gaya yang khas secara berapi-api, Surya Paloh membangkitkan semangat kader akan masa depan partai.

Surya Paloh menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri dan dicalonkan sebagai ketua umum partai pada munas mendatang. Dia memutuskan untuk mencalonkan diri setelah menerima aspirasi dan dukungan dari berbagai daerah.

Dalam acara deklarasi ini, Surya Paloh menerima dukungan pencalonan dari delapan DPD Tingkat II Bali, tujuh DPD II NTB dan 29 DPD II Povinsi Papua. Seluruh DPD II di Papua mendukung Surya meskipun DPD Tk I Golkar mendukung calon lain.

Dalam penyataan yang disampaikan kepada Surya paloh, DPD Golkar menyatakan bahwa Surya Paloh tidak diragukan militansi kekaderannya karena sudah sejak umur 18 tahun masuk Golkar dengan menjadi anggota DPRD Sumatra Utara.

Karena itu, Surya dinilai sebagai kader partai yang tumbuh dari bawah dan hal itu menunjukkan Surya Paloh sejati yang pantas memimpin partai untuk periode 2009-2014.

Surya Paloh menyatakan rasa hormat dan terima kasih atas dukungan tersebut. Dukungan yang diterimanya memang terus bertambah menjelang pelaksanaan munas. "Bumi Cendrawasih memberi spirit kepada saya. Karena itu, saya bersedia menjadi calon," katanya.

Dari Bumi Cendrawasih di Papua, kata Surya, dirinya akan maju dalam bursa ketua umum partai untuk mengemban amanat sebagai ketua umum Partai Golkar mendatang. Dia yakin akan mampu mengemban apabila terpilih.

Surya Paloh mengemukakan, dukungan yang diterimanya cenderung meningkat dan semakin banyak DPD Golkar berani menyatakan sikap secara bebas dan tidak takut ditekan atau diintimidasi agar mendukung calon lain.

"Contohnya, seluruh DPD Tk II Golkar se-Papua ini, mereka telah berani menyatakan sikapnya dan menggunakan akal sehat," katanya.

Menurut Surya, dukungan yang diterimanya juga terus bertambah dari daerah lain. Misalnya, dari Maluku yang seluruh DPD Golkar mendukungnya. Dukungan dari DPD Golkar di Pulau Jawa sudah mencapai 75 persen dan cenderung meningkat.

Sedangkan dukungan dari DPD Golkar di Sumatra sudah mencapai 80 persen. Dukungan yang besar juga diterima dari DPD Golkar di Sulawesi dan Kalimantan. (*)