Jakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus antar kota dan antar provinsi dari Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat serta Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur naik lima persen dua hari terakhir.

"Data resminya tentang angkutan Lebaran memang belum dihitung di H-8 ini. Nanti pada H-7 besok (Senin), mulai ada perhitungan resmi jumlah angkutan Lebaran, baik itu penumpang dan kendaraan angkutannya," kata Rudolf Gultom, Staf Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Minggu malam.

Namun sebagai perbandingan, kata Komandan Jaga Terminal Bus Kalideres itu, selang hari Minggu (13/9) ini, jumlah penumpang yang terangkut tercatat 6.000 orang, atau melonjak 2.000 penumpang dibanding sehari sebelumnya.

Sementara di Terminal Bus Kampung Rambutan, jumlah penumpang yang terangkut dalam program angkutan lebaran, secara resmi mulai bisa diperoleh pada pukul 14.30 WIB (Senin, 13 September).

Secara umum, menurut Rudolf Gultom, situasi terminal berlangsung aman dan tertib, tidak ada kejadian menonjol.

"Tiga perempat penumpang yang keluar dari Kalideres tujuan Sumatera, sedangkan seperempatnya ke Jawa dan Bali," ungkapnya lagi.

Sedangkan di Terminal Kampung Rambutan, kondisinya sebaliknya, yakni lebih banyak tujuan Jawa dan Bali.
(*)