Jakarta (ANTARA) - Drew Brees, pemain klub liga profesional sepak bola khas Amerika NFL, New Orleans Saints, menuai kritik para bintang olahraga terkenal termasuk rekan satu timnya Michael Thomas dan bintang NBA LeBron James setelah menyatakan dia "tidak akan pernah setuju dengan siapa pun yang tidak menghormati bendera kebangsaan Amerika Serikat".

Unjuk rasa terus berlangsung di seantero Amerika Serikat menyusul kematian George Floyd di Minneapolis bulan lalu.

Floyd meninggal dunia 25 Mei lalu setelah seorang polisi kulit hitam yang kemudian didakwa melakukan pembunuhan, melumpuhkan dia dengan cara menekankan lututnya ke leher Floyd.

ketika ditanya saat wawancara dengan Yahoo apakah dia akan mengikuti atlet-atlet lainnya melalukan protes berlutut saat lagu kebangsaan diperdengarkan demi solidaritas kepada Floyd, Brees menjawab, "Saya tak akan pernah setuju dengan siapa pun yang tidak menghormati bendera kebangsaan Amerika Serikat."

Pemain NFL yang berposisi quarterback itu kemudian dikecam di media sosial.

LeBron James berkata bahwa berlutut saat lagu kebangsaan diperdengarkan itu "sama sekali tak ada kaitannya dengan tidak menghormati (Amerika) dan serdadu-serdadu kita".

Baca juga: LeBron James memprotes penangkapan warga kulit hitam berujung kematian

Baca juga: LeBron James tak mau pembatalan kompetisi

Thomas yang menjadi rekan satu tim Brees di Saints, walau tak menyebut langsung nama Brees, memposting pesan, "Dia tak tahu mana yang baik", yang diikuti dengan "Kita tak peduli seandainya Anda tak sepakat dengan yang lain mengenai hal itu."

Brees kemudian memposting foto di Instagram dengan keterangan, "Tak ada yang lahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya atau karena latar belakangnya atau karena agamanya. Orang harus belajar membenci, dan jika mereka bisa belajar kebencian, maka mereka bisa mengajari kasih."

Namun saat ditanyai lagi oleh ESPN untuk mengklarifikasi pernyataan awalnya mengenai tidak menghormati bendera kebangsaan, Brees tak melunakkan sikapnya.

"Saya mencintai dan menghormati rekan-rekan satu tim saya dan saya berdiri bersama mereka di sana demi memerangi kesetaraan dan keadilan rasial," kata Brees.

"Saya juga berdiri bersama kakek saya yang mempertaruhkan nyawanya demi negara ini dan tak terhitung warga militer yang melakukan hal ini setiap hari."

Baca juga: DFB pertimbangkan selidiki aksi solidaritas pemain untuk George Floyd

Tetapi cornerback San Francisco 49ers Richard Sherman langsung mengecam Brees.

"Dia sudah kelewatan," tulis Sherman. "Berani jamin ada warga kulit yang bertempur bersama kakek Anda tetapi ini tak menjadi perhatian Anda. Perbincangan tidak nyaman itu berusaha Anda hindarkan dengan memasukkan militer ke dalam perbincangan soal brutalitas dan keseteraan adalah bagian dari masalah."

Quarterback Green Bay Packers Aaron Rodgers berkata di Instagram: "Ini sama sekali bukan soal lagu atau bendera kebangsaan. Tidak nanti, Tidak sekarang. Dengarlah dengan hati terbuka, mari didik diri kita sendiri, dan ubahlah kalimat dan pikiran ke dalam perbuatan".

Mantan pemain NFL Doug Baldwin Jr mencuit "@drewbrees alasan anak-anak saya harus hidup di sebuah dunia dengan rasa sakitnya adalah karena orang-orang seperti Anda membesarkan anak-anak Anda dengan mengekalkan siklus ini. Drew, Anda bermasalah."
  WOW MAN!! ????????‍♂️. Is it still surprising at this point. Sure isn’t! You literally still don’t understand why Kap was kneeling on one knee?? Has absolute nothing to do with the disrespect of ???????? and our soldiers(men and women) who keep our land free. My father-in-law was one of those https://t.co/pvUWPmh4s8

— LeBron James (@KingJames) June 3, 2020

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020