Jakarta (ANTARA) - Facebook mencoba menghadirkan obrolan interaktif saat warganet menyaksikan siaran langsung melalui aplikasi Venue.

Aplikasi yang dikembangkan tim Eksperimen Produk Baru (NPE) R&D Facebook itu akan menayangkan acara balap mobil NASCAR untuk pertama kalinya

Dikutip dari The Verge, Minggu, aplikasi Venue merupakan upaya Facebook untuk melengserkan peran Twitter yang biasa digunakan sebagai alat mengobrol dengan orang lain saat menonton acara siaran langsung.

Sementara Twitter memungkinkan penggunanya untuk bergabung dalam percakapan dengan mengirim cuitan menggunakan tagar, Venue mengusung pengalaman lebih baru.

Komentar akan datang dari komentator terpilih, seperti jurnalis atau atlet (dalam siaran olahraga), sementara partisipasi publik akan dikonsentrasikan ke dalam percakapan atau jajak pendapat pada momen-momen tertentu.

Baca juga: Perangi penipuan, Facebook tampilkan pesan peringatan

Baca juga: Pungut pajak Google, Netflix, Parlemen Filipina akan buat UU


Guna mempermudah pemirsa fokus pada satu layar dalam satu waktu, mereka akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi ketika acara acara baru sehingga mereka dapat berinteraksi.

Facebook menyebut fitur ini "Momen," dan mengatakan pemberitahuan itu akan ada setiap kali tuan rumah Venue meminta pendapat tentang momen berkesan atau menarik yang terjadi selama acara.

Venue merupakan aplikasi baru ketiga yang telah dirilis oleh tim NPE Facebook pekan ini. Pada Rabu (27/5), grup R&D meluncurkan Collab, aplikasi yang terinspirasi dari TikTok. Ada pula Cathcup, aplikasi panggilan suara yang dirancang untuk mengkoordinasikan panggilan grup.

Venue kini tersedia di iOS dan Android.

Baca juga: Instagram kini terintegrasi dengan Messenger Rooms

Baca juga: Spotify izinkan karyawannya WFH hingga 2021

Baca juga: Lima aplikasi pilihan untuk video call saat Lebaran