London (ANTARA News/Reuters) - Arsenal melangkah mudah ke tahapan grup Liga Champions setelah mengalahkan Celtic 3-1, Rabu (Kamis dinihari WIB), bersama Fiorentina, VfB Stuttgart, Olympiakos dan APOEL Nicosia yang juga memenangi pertandingan playoff leg kedua pada waktu yang sama.

Sebuah hadiah penalti kontroversial yang dapat dieksekusi oleh pemain kelahiran Brazil Eduardo di menit ke-28, melengkapi keunggulan Arsenal yang pada leg pertama pekan lalu sudah menang 2-0 atas klub Skotlandia itu.

Gol tambahan oleh Emmanuel Eboue dan Andrei Arshavin di babak kedua mengukuhkan dominasi Arsenal, sementara Celtic mendapat sedikit hiburan melalui gol Massimo Donati di akhir pertandingan.

"Saat saya pertama melihatnya, saya pikir itu pantas penalti, namun setelah mengamati tayangan ulangnya saya rasa bukan," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger menyinggung aksi Eduardo yang pura-pura jatuh di kotak penalti sehingga wasit menunjukkan titik putih dan sempat diprotes kiper Celtic Artur Boruc dan rekan-rekiannya.

"Saya tidak pernah meminta untuk berpura-pura jatuh agar dapat penalti, tapi terkadang pemain harus menjatuhkan diri karena tidak ada cara lain untuk menghindari kiper," katanya.

"Saya tidak akan terlalu jauh untuk mengatakan bahwa ia (Eduardo) berpura-pura, tapi saya kira ia pun tidak akan protes jika wasit tidak menghadiahi penalti."

Kini Arsenal telah memenangi seluruh empat pertandingan pertama mereka musim ini dengan total 15 gol.

Sementara klub Serie A Liga Italia Fiorentia maju ke tahapan grup setelah dalam pertandingan Rabu bermain imbang 1-1 di kandang sendiri melawan klub Portugal Sporting. Skor total menjadi 3-3 dan Fiorentina lolos karena lebih produktif di kandang lawan.

Steven Jonvetic menyelamatkan Fiorentina dengan golnya untuk membalas gol pemain Sporting Joao Moutinho.

Di Stuttgart, tim tuan rumah VfB Stuttgart ditahan 0-0 oleh tim Rumania Timisoara, namun kemenangan tandang 2-0 pekan lalu mengantar klub Jerman itu ke putaran berikutnya.

Pada pertandingan lainnya, APOEL mengalahkan FC Copenhagen 3-1 sehingga secara agregat menang 3-2, sementara impian klkub Mondovia Sheriff Tirsaspol untuk masuk jajaran elit Liga Champions belum dapat terwujud setelah disingkirkan oleh klub Yunani Olimpiakos yangmenang agregat 3-0.

Sebanyak 10 tim yang memenangi babak playoff akan bergabung dengan klub-klub yang secara otomatis berhak masuk tahapan grup Liga Champions, termasuk di dalamnya juara bertahan Barcelona dan runner-up musim lalu Manchester United.(*)