Jakarta (ANTARA) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin dini hari.

Presiden dan Wakil Presiden yang didampingi oleh Ani Yudhoyono serta Mufidah Kalla tiba di kompleks pemakaman pahlawan Kalibata sekitar pukul 23.45 WIb dan langsung menuju tempat upacara.

Tepat tengah malam, Presiden yang bertindak sebagai inspektur upacara langsung memimpin renungan suci untuk menghormati jasa para pahlawan.

Renungan suci merupakan ritual tahunan yang digelar rutin di Taman Makam Pahlawan Kalibata dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Renungan suci berlangsung sekitar 15 menit dalam suasana hening dan temaram. Setelah upacara selesai, Presiden beserta pejabat negara lainnya langsung meninggalkan kompleks pemakanan.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu antara lain Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa, Menko Kesra Aburizal Bakrie, dan Menteri Komunikasi dan Informatika M Nuh.

Upacara renungan suci dilaksanakan dengan pengamanan ketat. Lebih dari 500 polisi mengamankan kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata. Jalan menuju kompleks pemakaman itu telah ditutup sejak pukul 22.00 WIB.

Terdapat 8.884 pahlawan yang dimakamkan dalam kompleks pemakaman itu yang terdiri atas prajurit TNI, tokohnasional, serta pahlawan tidak dikenal.(*)