Jakarta (ANTARA) - Petenis AS Alison Riske dan Danielle Collins, serta petenis Australia Ajla Tomljanovic termasuk di antara pemenang hari pertama turnamen mini tenis putri tanpa penonton di Florida, Jumat (Sabtu WIB), yang merupakan kesempatan bagi pemain pro berlaga di tengah pandemi virus corona.

Asosiasi Tenis Profesional Putri (WTA) telah membatalkan lagi empat turnamen pekan ini dan tidak akan dilanjutkan sampai setidaknya 20 Juli.

Tetapi empat petenis putri yang berada di peringkat 60 teratas di dunia ternyata mengikuti event UTR Pro Match Series di Palm Beach, menyusul event serupa untuk kelompok putra dua pekan lalu.

Petenis nomor 51 dunia Collins menumbangkan rekan senegaranya peringkat ke-28 Amanda Anisimova dalam pertandingan pembuka dengan skor 4-1, 4-2 dan mengatakan dia "bersyukur" bisa kembali ke lapangan meski tidak ada penonton yang hadir.

Baca juga: Andreescu dan Kenin pimpin 16 petenis putri pada turnamen Juni
Baca juga: Turnamen WTA Montreal tidak jelas di tengah wabah virus

"Saya sudah terbiasa bermain tanpa penggemar tetapi saya pasti merindukannya," katanya seperti dikutip AFP. "Salah satu hal yang membuat istimewa untuk menjadi atlet profesional adalah memiliki orang-orang yang mendukung."

Tomljanovic, peringkat ke-56, mengalahkan peringkat ke-19 Riske 4-3, 4-1 dan dalam pertandingan terakhir babak setengah kompetisi (round-robin), Riske mengalahkan Anisimova 0-4, 4-0, 4-3.

Turnamen ini akan berakhir hari Sabtu dengan pertandingan round-robin, perebutan tempat ketiga dan pertandingan penentuan juara.

"Kembali bertanding di lapangan membuat saya sangat bersemangat hari ini," kata Tomljanovic.

Dia mengatakan libur beberapa pekan pertamanya merupakan kesempatan istirahat yang disambut baik, tetapi ketika dia merasa perlu untuk kembali berlatih, sulit untuk menemukan motivasi karena tidak ada turnamen yang dijadwalkan.

Baca juga: Stefanos Tsitsipas nilai "lockdown" tahunan baik untuk Bumi
Baca juga: Cilic anggap US Open tanpa penonton jadi kenangan buruk bagi pemenang

"Saya membutuhkan kompetisi itu untuk membuat saya terus maju," katanya.

Protokol kesehatan dibuat untuk melindungi pemain dari ancaman virus corona. Para pemain mengukur suhu mereka saat tiba di venue dan membawa peralatan dan handuk mereka sendiri ke lapangan.

Dengan pemberlakuan aturan jarak sosial, saling mengadu raket sudah cukup untuk menggantikan berjabat tangan, dan wasit mengenakan masker.

Setiap pemain memakai sejumlah bola sendiri yang diberi tanda dan mengumpulkannya sendiri, tanpa petugas anak-anak pengambil bola.

Sementara beberapa negara bagian di Amerika Serikat tetap di bawah penguncian ketat, Florida telah mulai terbuka dan pejabat negara secara khusus menyambut kembalinya olahraga meski tanpa penonton.

Sementara itu kejuaraan seni bela diri Ultimate Fighting Championship kembali digelar di Florida pada Mei dan Tiger Woods akan melakukan tee-up pada Minggu dengan Phil Mickelson dan bintang NFL Tom Brady dan Peyton Manning dalam acara golf amal di Hobe Sound, Florida .

Baca juga: ITF rencanakan dana bantuan baru untuk mendukung petenis tingkat bawah
Baca juga: Gaethje taklukkan Ferguson saat UFC diselenggarakan tanpa penonton
Baca juga: Ronaldo Souza berharap segera menangi pertarungan lawan COVID-19
 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020