Hyderabad, India (ANTARA News) - Pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir memastikan lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009, setelah mengalahkan ganda Malaysia, Koo Kien Keat/Ng Hui Lin 21-15, 21-19 di Gachibowli Indoor Stadium Hyderabad, India, Kamis.

Ganda nomor dua dunia ini selanjutnya akan bertemu pemenang antara unggulan ke-8 Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta dari India dengan "seeded" ke-12 Robert Mateusiak/Nadiezda Kostiuczyk asal Polandia, yang hingga kini belum bertanding.

"Pertandingan hari ini lebih berat dibanding sebelumnya, karena lawan mulai berimbang. Tetapi permainan kami juga belum maksimal," kata Nova usai pertandingan.

Nova/Natsir membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mengatasi ganda Malaysia. "Game" pertama berlangsung sedikit berat buat pasangan Nova/Natsir, karena pertahanan lawan cukup kuat.

Bahkan, Koo Kien Kiat/Hui Lin mampu mengimbangi hingga skor 15-15, sampai akhirnya beberapa kesalahan mereka buat sendiri dan memuluskan upaya Nova/Natsir merebut game pertama.

Pada game kedua, juara dunia 2007 Nova/Natsir sempat memimpin jauh 18-13, tapi lawan mampu mencuri kelengahan dan mengejar hingga 19-19. Nova/Natsir memastikan kemenangan, setelah pengembalian Hui Lin menyangkut di net.

"Set kedua kami bermain sedikit terburu-buru dan sering membuat salah sendiri. Tapi untungnya kami bisa segera mengatasi keadaan dan tidak sampai kalah," tambah Nova yang mengaku baru pertama kali bertemu pasangan Malaysia itu.

Sementara itu, nasib berbeda dialami ganda campuran pelapis Devin Lahardi/Lita Nurlita, yang gagal mengikuti jejak seniornya menuju perempat final.

Devin/Lita yang bermain di lapangan satu, dipaksa mengakui ketangguhan unggulan ke-7 asal Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dengan "straight set" 9-21, 9-21.

Selanjutnya pasangan Denmark ini akan bertemu unggulan ketiga asal China, Zheng Bo/Ma Jin yang dipaksa bermain tiga set oleh wakil Taiwan, Chen Hung Lin/Chou Cia Chia 21-13, 21-23, 21-15.

"Permainan kami tidak berkembang karena terus tertekan. Selain itu, pertahanan kami juga tidak bagus dan makin sulit bagi kami untuk keluar menyerang," kata Devin Lahardi usai pertandingan.

Unggulan teratas ganda campuran Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung dari Korea, menjaga peluang merebut gelar juara, setelah mengandaskan pasangan Cina yang menempati `seeded" ke-14 Xu Chen/Zhao Yunlei dengan skor 21-11, 21-17.(*)