London (ANTARA News/AFP) - Perusahaan raksasa minyak Inggris BP, Selasa mengatakan, telah menandatangani sebuah kesepakatan dengan grup AS Martek Biosciences untuk pengembangan lebih lanjut produki "biofuel" (bahan bakar nabati) menggunakan gula.

"BP dan Martek Biosciences Corporation hari ini mengumumkan penandatanganan sebuah pembangunan kesepakatan bersama untuk bekerja pada produksi minyak microbial untuk aflikasi bahan bakar nabati," ujar pasangan dalam sebuah pernyataan.
Berdasarkan perjanjian multi-tahun tersebut, dua kelompok akan berusaha untuk "memajukan pembangunan ... teknologi untuk konversi gula ke dalam biodiesel."

Gula sudah digunakan untuk membuat ethanol, alternatif yang lebih murah untuk penggunaan bensin untuk menjalankan roda kendaraan.

"BP sangat senang bisa masuk ke dalam kemitraan penting ini dengan Martek," tambah Philip New, CEO BP Biofuels.

"Sebagai sebuah alternatif untuk minyak nabati konvensional, kami percaya teknologi gula-ke-diesel memiliki potensi untuk mengirimkan ekonomi, pasokan biodiesel berkesinambungan."

Harga gula mencapai tertinggi 28 tahun di New York pada perdagangan akhir pekan lalu setelah melompat 25 persen dalam tiga pekan pada perdagangan di London.(*)