Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) kembali melanjutkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Selasa, setelah selama beberapa hari tinggal di kediaman pribadinya di Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Perawatan dan observasi terhadap kesehatan beliau memang belum selesai," kata Bambang Susanto, staf media Gus Dur, saat dihubungi via telepon.

Dikatakannya, saat ini Gus Dur dalam perawatan tim dokter yang diketuai dokter ahli saraf Profesor Yusuf Misbach.

Sebelumnya diberitakan Gus Dur kembali dirawat di RSCM karena kondisi kesehatannya dinilai tidak stabil dalam tiga hari belakangan.

Menurut Bambang, kejadian Gus Dur keluar dari perawatannya di RSCM sebelum tuntas karena ada urusan di luar, misalnya menerima tamu, bukan terjadi kali ini saja.

"Kalau sekarang agak lama (meninggalkan perawatan di RSCM) mungkin karena banyak kegiatan," katanya.

Selama "cuti" dari RSCM dan tinggal Ciganjur, seperti biasa Gus Dur tetap menerima tamu dari berbagai kalangan serta sempat pula merayakan ulang tahunnya ke-69 pada 4 Agustus lalu.

Gus Dur menjalani perawatan RSCM, di luar cuci darah rutin, sejak 1 Juli lalu. Menurut Prof Yusuf Misbach, Gus Dur menderita alodinia, penyakit yang berhubungan dengan kondisi syaraf, yakni kulit berasa nyeri jika disentuh.(*)