Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan optimistis bahwa penyerapan anggaran tahun 2009 akan mencapai lebih dari 80 persen.

"Kita mengharapkan penyerapan anggaran tahun ini lebih dari itu," kata Menkeu usai berbicara dalam Rakernas Akuntansi tahun 2009 di Jakarta, Selasa.

Menkeu menyatakan hal itu menanggapi munculnya perkiraan dari sejumlah kalangan terutama DPR yang memperkirakan penyerapan anggaran 2009 hanya akan mencapai 80 persen.

Menurut Menkeu, penyerapan akan lebih tinggi dari 80 persen dan berbagai langkah diupayakan seperti perencanaan yang lebih baik.

"Kemudian mereka melakukan procurement dan harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Menurut dia, upaya meningkatkan penyerapan anggaran juga akan diteruskan pada 2010 antara lain dengan upaya menyederhanakan peraturan, mempercepat kepastian anggaran.

"Kepastian anggaran akan membantu kementerian/lembaga melakukan persiapan procurement," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Menkeu memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga yang mendapat predikat laporan keuangan terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Yang perlu diingat bahwa tata kelola pemerintahan yang baik tidak hanya berkaitan dengan laporan keuangan tetapi menyangkut kepatuhan terhadap peraturan, jadi hal ini laporan keuangan hanya salah satu aspek saja dalam kualitas keseluruhan dari suatu institusi," katanya. (*)