Makassar (ANTARA News) - Agen penjualan mobil Toyota, Sulawesi, PT Hadji Kalla menargetkan penjualan produknya sebanyak 9500 unit hingga akhir tahun 2009.

Target tersebut naik 100 unit lebih banyak dibandingkan total hasil penjualan dari semua produk tahun 2008 yang mencapai 9400 unit.

Operation Director, PT Hadji Kalla, Hariyadi Kaimuddin di Makassar, Sabtu, menjelaskan hingga Juli, 2009, pencapaian penjualan produknya telah mencapai 51,2 persen.

Atau naik 8,3 poin dibandingkan tahun lalu sebesar 42,9 persen pada bulan yang sama untuk wilayah Sulawesi kecuali Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Kenaikan penjualan tersebut didominasi oleh jenis Avanza. Selain harga pasarannya cukup terjangkau, uang muka dan bunga rendah ikut memicu peningkatan penjualan.

"Mobil jenis ini memang sejak tahun lalu permintaannya sangat tinggi," jelasnya. Padahal, menurutnya daya beli pasar sebenarnya sedang turun.

Tingginya tingkat permintaan pada jenis tersebut mendorong pasar lokal melakukan pemesanan langsung ke Jakarta. "Makanya tahun lalu banyak mobil jenis ini yang menggunakan plat B,"ujarnya.

Untuk memenuhi permintaan pasar pada jenis mobil tersebut, pihaknya melakukan penambahan persediaan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu sebanyak 600 unit.

Produk lain dari perusahaan otomotif Jepang ini juga ikut mengalami peningkatan. Pada jenis sedan Vios misalnya, pihaknya telah menjual sekitar 80 unit di bulan Juli. Jumlah penjualan tersebut tidak termasuk mobil yang dipasarkan untuk operator taksi.(*)