Liverpool, Inggris,(ANTARA News) - Liverpool setuju untuk mengontrak pemain tengah Italia Alberto Aquilani dari Roma setelah sepaham tentang masalah transfer pemain dengan klub Seri A itu.

Bos Anfield Rafa Benitez amat menginginkan Aquilani, yang akan datang ke Merseyside akhir minggu ini untuk menjalani pemeriksaan medis, setelah menjual pemain tengah Spanyol Xabi Alonso ke Real Madrid senilai 30 juta pound.

Liverpool disebut-sebut sudah setuju dengan pembayaran sejumlah 20 juta pound (50,8 juta dolar) untuk Aquilani, yang menampik tawaran dari Chelsea dan Arsenal untuk bergabung dengan klub dambaannya di masa kecilnya, Roma, ketika ia berusia 16 tahun.

Pemain yang kini berusia 25 tahun, bermain internasional sebanyak 11 kali dengan timnas Italia itu, kelihatannya harus bersabar untuk dapat tampil penuh dalam kompetisi Liga Utama Inggris, karena ia mengalami cedera sejak Maret lalu.

Ia hanya tampil dalam 14 pertandingan liga musim lalu dan menjalani operasi pada pergelangan kaki kanannya, Mei.

"Alberto merupakan pemain bagus dan saya gembira kami mencapai kesepahaman bersama Roma tentang transfernya," kata Benitez, "Alberto memiliki mental juara dan memiliki pengalaman luas baik dalam kompetisi liga Seri A mau pun pada kompetisi Liga Champions."

"Ia sudah lama dikenal sebagai pemain kelas atas di Italia, menjadi kapten tim nasional negaranya baik dalam tim di bawah usia 19 tahun mau pun usia di bawah 21 tahun, sebelum tampil di tim senior," kata pelatih itu.

Benitez, sedang berada di Norwegia untuk menjalani pertandingan persahabatan Rabu melawan Lyn Oslo, bekerja untuk membatasi anggaran dan harus menunggu hingga ada kesepakatan dengan Alonso sebelum berusaha menarik Aquilani.

Pemain lain yang dikontrak pelatih Spanyol itu menjelang musim kompetisi adalah bek kanan dari Inggris, Glen Johnson, yang bergabung dari Portsmouth dengan bayaran 17 juta pound.

Benitez masih mengincar pemain bertahan lainnya setelah keberangkatan Sami Hypia ke Bayer Leverkusen, Alvaro Arbeloa pindah ke Real Madrid serta cedera yang mendera Daniel Agger dan Martin Skrtel pada pra-musim kompetisi ini.

Ia bisa jadi berusaha mengatasi celah pemain itu dengan mengambil pemain lainnya di Portsmouth, bek tengah dari Prancis, Sylvain Distin, demikian dikutip dari AFP.(*)