Jakarta (ANTARA News) - Ada dua perusahaan lagi yang berminat membeli saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara, sehingga ada lima perusahaan yang bersaing mendapatkan 10 persen saham perusahaan tambang itu.

Kepala Dinas Pertambangan Provinsi NTB Heriyadi Rachmat di Jakarta Senin mengungkapkan, dua perusahaan itu adalah Media Group dan PT Sinar Tambora Rinjani.

Keduanya memasukkan penawaran pada hari Minggu pekan lalu.

Menurut Heriyadi, kedua perusahaan tersebut akan mengikuti beauty contest pada hari ini. Beauty contest diselenggarakan oleh Pemprov NTB untuk memilih penawar terbaik.

Media Group adalah kelompok usaha milik Surya Paloh, sementara Sinar Tambora Rinjani merupakan perusahaan lokal.

"Kami sengaja memperpanjang jangka waktu penawaran dari yang tadinya hari Jumat menjadi hari Senin ini," jelas Heriyadi.

Alasannya, hingga hari Jumat pekan lalu perusahaan yang menyatakan minat hanya tiga. Oleh karena itu, Pemda ingin menampung lebih banyak lagi peminat.

"Namun, kami tetap akan mengumumkan pemenang beauty contest tanggal 8 Juli mendatang," imbuh Heriyadi.

Tiga perusahaan yang sudah mengajukan penawaran lebih dahulu adalah PT Multi Capital, anak usaha PT Bumi Resources, Falco Corporation, dan Batavia Plc, anak perusahaan Amstelco Plc yang berbasis di Inggris.

Pemenang beauty contest ini nantinya akan membentuk perusahaan patungan dengan PT Daerah Maju Bersaing (DMB).

PT DMB adalah perusahaan patungan yang dibentuk oleh Pemda Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa Barat, dan Pemkab Sumbawa yang memegang hak atas 10 persen saham tersebut.
(*)