Tarakan,Kaltara (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy mengemukakan bahwa saat ini ada penambahan delapan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga jumlah totalnya menjadi 28 kasus.

"Ada penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak delapan orang, sehingga total hari ini menjadi 28 kasus," katanya dalam pernyataan rekaman video yang diterima di Tarakan, Kamis.

Dijelaskannya bahwa hasil yang dikirimkan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang diterima pihaknya menyatakan ada delapan hasil pemeriksaan "swab" yang hasilnya semuanya dinyatakan positif.

Ia menjelaskan sebanyak delapan orang tersebut berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan sebanyak lima orang dan RSUD Malinau tiga orang.

Agust memberikan rincian pasien yang positif COVID-19 dari Nunukan lima orang itu berusia 42 tahun, 66 tahun, 34 tahun, 56 tahun dan 45 tahun dari klaster jamaah tabligh.

Sedangkan tiga orang yang PDP positif di Malinau, usia 50 tahun, 46 tahun dan 68 tahun.

Menurut Dinkes Malinau, katanya, mereka berasal dari klaster seminar keagamaan tanggal 17-18 Maret 2020.

Selanjutnya, Dinkes Malinau segera melakukan tracing (penelusuran), terutama terhadap mereka yang pernah melakukan kontak terhadap tiga orang yang positif itu.

"Kami melaporkan saat ini masih ada 66 spesimen sedang proses diperiksa BBLK Surabaya yang belum diterima hasilnya, terutama dari klaster jamaah tabligh," katanya

Saat ini,kata dia, di Kaltara Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 175 orang tersebar di Tarakan 86 orang, Malinau sebanyak 113 orang, Nunukan sebanyak 82 orang, Kabupaten Tana Tidung sebanyak 65 orang dan Bulungan 36 orang.

Kemudian Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 168 orang dengan rincian di Tarakan sebanyak 105 orang, Nunukan sebanyak 20 orang dan Bulungan sebanyak 43 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 24 orang, di Tarakan sebanyak tiga orang, Malinau sebanyak tujuh orang, Nunukan ada lima orang, Kabupaten Tana Tidung sebanyak dua oang, dan Bulungan ada tujuh orang.

Selanjutnya jumlah pasien yang positif COVID-19 ada sebanyak 28 orang, untuk di Tarakan sebanyak 11 orang, Nunukan sembilan orang, Bulungan sebanyak lima orang dan Malinau sebanyak tiga orang, demikian Agust Suwandy.

Baca juga: 4 orang PDP di Kaltara positif COVID-19

Baca juga: Satu PDP positif COVID-19 di Bulungan-Kaltara meninggal, sebut jubir

Baca juga: Tangani COVID-19, Kalimantan Utara tambah rumah sakit rujukan


Baca juga: Seorang pejabat di KPP Pratama Tarakan positif COVID-19, kata satgas