Gunung Kidul (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 warga asal Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi selama delapan hari di RSUD Wonosari.

"Setelah kami cek ke DIY, ternyata Alhamdulillah benar bahwa pasien COVID-19 dari Gunung Kidul sudah sembuh. Masuk datanya sore dari RS ke Dinkes DIY," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul Dewi Irawati di Gunung Kidul, Senin.

Baca juga: RSUP M Djamil Padang pulangkan pasien ke dua yang sembuh dari COVID-19

Dengan ke luarnya hasil tersebut maka di Gunung Kidul saat ini tidak ada lagi pasien positif COVID-19. Sebelum dinyatakan sembuh, yang bersangkutan menjalani perawatan sekaligus isolasi sekitar selama delapan hari di rumah sakit.

"Yang bersangkutan sudah sembuh, sudah bisa mengikuti anjuran physical distancing secara umum. Untuk keluarganya tentu perlu dilihat isolasi mandirinya selesainya kapan. Ini dihitung oleh Puskesmas. Setelah itu sudah sama dengan masyarakat lainnya," katanya.

Baca juga: Dua balita berstatus PDP COVID-19 di RSUP M Djamil dinyatakan negatif

Sebelumnya, seorang pemuda dari Kecamatan Playen dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swabnya oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Pasien bersangkutan awal Maret lalu memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta mengantar anggota keluarga.

Ia saat ke Jakarta mengendarai kendaraan pribadi. Tidak menginap tetapi langsung pulang ke Playen, Gunungkidul. Setelah itu, dirinya juga sempat mengikuti kegiatan di Sekolah Polisi Negara (SPN) di Yogyakarta.

Kemudian pernah pula mendapat perawatan di RS Bhayangkara karena gejala COVID-19 muncul. Pasien juga sempat pulang ke Playen, kemudian dijemput lagi untuk menjalani perawatan dan isolasi usai hasil positif COVID-19 ke luar 4 Maret lalu.

Baca juga: Bupati Karawang yang positif COVID-19 dinyatakan sembuh
Baca juga: Pasien pertama positif COVID-19 di Kalsel dinyatakan sembuh