Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas, pada 1 Juni nanti atau bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila, akan bertemu dengan tiga capres dan cawapres.

"Saya berusaha bicara dulu dengan ketiga capres," kata Taufiq Kiemas di Jakarta, Rabu, sekembalinya dari Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC) setelah satu minggu dirawat akibat kelelahan.

Taufiq berharap ketiga capres dan cawapres dapat bertemu sebelum debat calon presiden pada pertengahan Juni nanti.

Dalam pertemuan itu, ketiga capres dan cawapres akan membicarakan ideologi politik para calon sehingga terjadi kesepahaman diantara ketiganya.

"Dengan pertemuan itu ketiga capres dapat bersama-sama berjuang demi kepentingan rakyat," kata Taufiq Kiemas didampingi putrinya, Puan Maharani.

Taufiq memilih tanggal 1 Juni karena bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila dan ketiga capres sama-sama berideologi Pancasila.

"Pancasila `kan mengajarkan kita persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Taufiq.

Namun, aku Taufik, usaha mempertemukan ketiga calon itu harus didukung semua pihak yaitu dari internal PDIP, Demokrat dan Golkar, termasuk kesediaan ketiga capres untuk meluangkan waktu dan saling membicarakan visi misi membangun bangsa.

Taufiq lalu mengungkapkan, pertemuan dengan cawapres Boediono dan capres Susilo Bambang Yudhoyono saat menjenguk di rumah sakit tidak banyak membicarakan mengenai situasi politik.

"Kan kami sahabat dengan Pak Boediono dan lainnya," ujar Taufiq.

Ketika ditanya mengenai siapa tuan rumah pertemuan itu, Taufiq Kiemas menjawab belum tahu dan akan secepatnya menghubungi ketiga capres. (*)