Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan menggelar rapat kerja yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, dan pelaksanaannya dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta.

Dalam raker ini, Kemendag mengusung tema "Akselerasi Peningkatan Ekspor dan Penguatan Pasar Dalam Negeri Menuju Indonesia Maju" dan mengundang sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Dalam meningkatkan capaian, Kemendag telah menyusun beberapa strategi peningkatan kinerja perdagangan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mendag pastikan ekspor manufaktur tak terganggu wabah corona

Pertama, yaitu akselerasi peningkatan ekspor, meliputi penjagaan neraca perdagangan dengan mendorong ekspor, mengendalikan impor secara selektif, dan mengoptimalkan peran dan kinerja perwakilan perdagangan di luar negeri.

Kedua, penguatan pasar dalam negeri, di mana selama ini Indonesia berhasil menjaga stabilitas harga bahan pokok dan inflasi pangan selama lima tahun terakhir.

"Namun, tantangan dan pekerjaan rumah yang dihadapi masih cukup banyak," tukas Mendag.

Baca juga: Mendag bahas hambatan perdagangan guna tingkatkan ekspor ke India

Raker ini dihadiri oleh sekitar 450 orang yang terdiri dari kementerian, kepala badan, perwakilan perdagangan di luar negeri, dan dinas perdagangan di 34 provinsi.

Pada raker ini juga akan dilakukan dua penandatanganan, yaitu nota kesepahaman pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) antara Mendag, Menparekraf Wishnutama, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan Perhimpunan Hotel dan Restoran di Indonesia (PHRI). Kemudian, penandatanganan pemberdayaan UMKM dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Baca juga: Tingkatkan ekspor nonmigas, Kemendag dan Kementan perkuat sinergi