Jakarta (ANTARA) - Presiden FIFA Gianni Infantino tidak akan mengesampingkan usulan agar sejumlah pertandingan internasional pada bulan depan ditunda karena penyebaran virus corona terus berlanjut.

Bulan depan, Inggris dan Wales memiliki pertandingan persahabatan sedangkan Skotlandia, Irlandia Utara dan Republik Irlandia memainkan laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

"Kesehatan orang jauh lebih penting dibandingkan olahaga apa pun," kata Infantino yang dilansir BBC pada Sabtu (29/2).

Para pemain telah menghubungi asosiasi mereka "karena takut" dan khawatir bermain di "lingkungan berisiko tinggi," kata Fifpro (asosiasi pesepak bola profesional global).

Baca juga: Liga Korea tunda pertandingan akibat virus corona
Baca juga: Virus Corona menyebar, China tangguhkan musim kompetisi 2020


Infantino sendiri berharap pertandingan internasional bulan depan masih bisa digelar, sambil menambahkan: "Saya tidak akan mengesampingkan apa pun saat ini."

"Itu sebabnya kita harus melihat situasi dan berharap itu (wabah corona) akan berkurang. Saat ini sepertinya masih menyebar."

"Bila pertandingan harus ditunda atau dimainkan tanpa penonton sampai selesai, maka kita harus melakukannya."

Infantino berharap pertandingan internasional bulan depan akan tetap berjalan, tetapi menambahkan: "Saya tidak akan mengecualikan apa pun saat ini."

"Itu sebabnya kita harus melihat situasi dan berharap wabah akan berkurang. Saat ini sepertinya masih menyebar."

"Bila pertandingan harus ditunda atau dimainkan tanpa penonton sampai selesai, maka kita harus melaluinya."

Fifpro, yang menaungi 65 asosiasi nasional, mengatakan bahwa mereka telah mengadakan beberapa pembicaraan dengan "berbagai pemangku kepentingan sepak bola" terkait penjadwalan ulang pertandingan-pertandingan internasional.

Sejumlah laga kualifikasi Piala Eropa 2020 digelar pada 26 Maret dan 31 Maret yaitu Skotlandia melawan Israel, Irlandia Utara menghadapi Bosnia dan Herzegovina, sedangkan Republik Irlandia bertemu Slovakia.

Inggris akan menjamu Italia di Wembley pada 27 Maret, sebelum Denmark bertandang ke London empat hari kemudian.

Wales dijadwalkan menjalani pertandingan persahabatan di kandang melawan Austria dan Amerika Serikat.

Sejumlah pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia, termasuk pertandingan kandang Australia melawan Kuwait dan Iran menjamu Hong Kong, juga dijadwalkan akan dimainkan pada akhir Maret.

Kualifikasi kandang China melawan Maladewa telah dipindahkan ke Thailand dan akan dimainkan secara tertutup. Pertandingan Liga Champions Asia antara klub China Guangzhou Evergrande dan Shanghai Shenhua juga telah ditunda.

Lima pertandingan Serie A Italia akan dimainkan secara tertutup akhir pekan ini - termasuk pertandingan Juventus di kandang Inter Milan.

Baca juga: Sejumlah pertandingan sepak bola Italia akan dimainkan tanpa penonton
Baca juga: Seorang pemain klub Serie C dilaporkan positif terdampak virus corona