Jakarta (ANTARA) - Dominic Thiem lolos ke perempat final Rio Open 2020 setelah mengatasi Jaume Munar yang sempat unggul di set pertama babak kedua dengan skor 6-7(5), 6-3, 6-4.

Petenis Austria unggulan pertama ini harus melalui pertandingan selama dua jam 41 menit di Rio de Janeiro Brazil, Jumat, sebelum memastikan tempatnya di babak delapan besar keempatnya di turnamen ini, menurut laporan ATP Tour.

Munar mengawali laga dengan membentuk pertahanan rapat yang sulit ditaklukkan oleh mobilitas Thiem. Munar juga beberapa kali melakukan pengembalian forehand yang tak bisa diantisipasi Thiem di set pertama.

Pengalamannya di turnamen besar memberinya pelajaran. Thiem tidak panik meski tertinggal di set awal, ia pun mengubah strategi menghadapi lawannya ini. Thiem mundur dari baseline agar mendapat jangkauan yang lebih luas, memukul bola lebih jauh dan berupaya memperpendek reli.

Baca juga: Thiem atasi nyeri lutut menuju babak dua Rio Open

Siasat ini terbukti berhasil membuatnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di set kedua.

Petenis berusia 26 tahun ini pun menaikkan levelnya, serta mengurangi kesalahan di titik krusial. Kesempatan bagus pun ia ambil saat Munar melambungkan bola dengan forehandnya, membalas memakai backhand yang tercatat sebagai poin baginya. Di set penutup Munar hanya bisa mengamankan satu match point.

Di perempat final, Thiem sudah dinanti petenis Italia Gianluca Mager, yang mengalahkan unggulan kedelapan Casper Ruud di babak pertama.

Baca juga: Thiem: lapangan tanah seperti rumah sendiri

Baca juga: Djokovic semangati Thiem setelah duel final Australia Open 2020