Jakarta (ANTARA News) - Bakal calon presiden Sutiyoso berharap, Indonesia dalam hubungan persahabatannya dengan Republik Federasi Rusia, dapat memetik manfaat dari peran penting negara itu dalam percaturan politik maupun pasar dunia.

Menurut siaran pers Bang Yos Center di Jakarta Rabu, di sela-sela menerima kunjungan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov, di Bang Yos Center Selasa kemarin, Sutiyoso mengatakan persahabatan yang sudah berlangsung lama antara Indonesia-Rusia, perlu terus dipelihara dan ditingkatkan dalam berbagai bidang.

"Russia mempunyai peran penting dalam percaturan politik dunia dan pasar global dewasa ini, dan saya berharap, Indonesia dapat memetik manfaat dari peran Russia tersebut, " kata Sutiyoso menegaskan.

Apa lagi, lanjut dia, sejarah telah membuktikan, kedekatan hubungan RI dengan Russia di masa lalu sempat menorehkan hubungan manis yang diwujudkan dengan melimpahnya bantuan dari Uni Soviet, baik bantuan secara ekonomis maupun bantuan militer.

�Memang, dalam suatu hubungan, tentu ada pasang surutnya, namun ke depan nantinya, kerja sama yang dilakukan selalu berlandaskan niat baik demi meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam bentuk hubungan yang egaliter, saling menghormati, menghargai dan pastinya, saling menguntungkan,� kata Bang Yos.

Bang Yos juga menyampaikan penghargaannya yang tinggi atas kunjungan Duta Besar Ivanov.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Ivanov menyatakan, letak geografis Indonesia yang sangat strategis menjadikan negara kepulauan ini memiliki potensi investasi yang tinggi bagi negara-negara maju seperti Russia. Ivanov juga menyatakan kekagumannya atas proses demokratisasi yang berlangsung di negeri ini.

"Indonesia telah membuktikan dirinya menjadi salah satu negara demokratis yang sangat besar di dunia. Salah satu wujudnya, pemilihan para pemimpinnya dilakukan oleh rakyat secara langsung, mulai dari kepemimpinan eksekutifnya seperti kepala daerah atau wilayah, hingga kepemimpinan nasional maupun anggota-anggota legislatifnya," kata Ivanov.

Selain itu, Russia juga mengharapkan, pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun depan dapat berjalan dengan baik, mulai dari proses hingga hasil pemilihannya.

Ivanov juga berharap, proses pemilihan umum yang langsung dilakukan oleh rakyat Indonesia, hendaknya dapat menjamin stabilitas politik negeri ini.
(*)