Lubukbasung, Sumatera Barat (ANTARA) - Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium) yang tumbuh di kebun warga Bamban, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mulai mekar.

Menurut warga Palembayan, Febi Darmayanti (36), bunga bangka raksasa itu berada tak jauh dari Kantor Camat Palembayan, sekitar 10 menit perjalanan dari Kantor Camat.

"Bunga bangkai ini akan kami rawat dan dijaga sampai mekar sempurna," katanya di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan saat ini bunga bangkai raksasa tersebut belum mekar sempurna.

Menurut Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra, bunga bangkai raksasa di Kecamatan Palembayan kemungkinan akan mekar sempurna pada Selasa (17/12).

"Saat ini kelopak bunga belum terbuka total," katanya.

Ia menambahkan, petugas BKSDA akan mengecek kondisi bunga bangkai itu pada Kamis (19/12).

Sebelumnya, ratusan bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium dan Amorphophallus paeoniifolius pada fase pertumbuhan vegetatif ditemukan tumbuh di kebun durian milik warga Puduang, Jorong Belo-belo, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjungraya, Jumat (6/12), dan satu di antaranya mekar. Jenis bunga langka itu juga ditemukan tumbuh di Palupuh, Silareh Aia, Kamang Magek.

Di samping itu, menurut Ade, ada empat bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar sempurna di Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya.

Ia mengimbau warga yang menemukan jenis bunga bangkai menjaga dan memelihara bunga sampai mekar serta tidak mengganggunya karena karena bunga tersebut dilindungi Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Baca juga:
Di kebun durian warga Agam, tumbuh ratusan bunga bangkai
Bunga bangkai raksasa telah mekar di Air Terjun Tirai