Close sidebar

Desrio Putra jabat Ketua DPRD Sumbar sementara

Ketua DPRD Sumbar sementara Desrio Putra (dua dari kanan) menerima palu dari Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019 Hendra Irwan Rahim (dua dari kiri) saat pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 (Istimewa)
Padang, (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat dari Partai Gerindra yang maju di daerah pemilihan Sumbar I Kota Padang menjabat sebagai Ketua DPRD Sumatera Barat sementara dalam pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar di Gedung DPRD Sumbar pada Rabu.

Ketua DPRD Sumbar sementara Desrio Putra di Padang, Rabu mengatakan dirinya mengingatkan kepada seluruh anggota dewan baru menepati janji-janji kampanye, yang pernah diucapkan pada masyarakat.

“Jangan hanya membuat janji lalu lupa janji saat kampanye ketika sudah terpilih. Kita harus fokus mewujudkan janji-janji itu,” katanya.

Selain itu, dirinya mengatakan perlunya sikap transparan dalam segala hal termasuk menyosialisasikan hasil kerja yang telah dicapai DPRD Sumbar ke depannya.

Baca juga: Wajah baru dominasi anggota DPRD Kota Solok 2019-2024

Baca juga: KPU: Jumlah anggota DPRD Sumbar perempuan berkurang

Baca juga: Puluhan mahasiswa unjuk rasa saat pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar

Ia mengatakan dalam waktu dekat, beberapa tugas telah menanti seperti memimpin rapat, memfasilitasi penyusunan tata tertib, AKD, dan menetapkan Ketua DPRD definitif.

Ia mengatakan sumpah janji yang diucapkan seluruh anggota dewan merupakan alat kontrol bagi setiap anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 dan pihaknya akan berupaya dan bekerja keras untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Kita akan berkerja sungguh-sungguh mementingkan kepentingan umum dari pribadi, taat aturan, dan memperjuangkan aspirasi masyarakat," katanya.

Menurut dia capaian yang telah dihasilkan oleh dewan periode sebelumnya akan menjadi sumber motivasi dan aspirasi untuk dipertahankan dan ditingkatkan.

"Semakin kompleksnya permasalahan dan tantangan kehidupan masyarakat, maka tantangan tugas yang akan dihadapi tentu tidakkah mudah," katanya.

Dalam sidang paripurna istimewa tersebut Desrio Putra dari Partai Gerindra ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sumbar sementara dan Wakil Ketua Irsyad Syafar dari Partai Keadilan Sejahtera

Partai Gerindra sendiri merupakan pemenang pemilu legislatif di Sumatera Barat, mereka berhasil mengumpulkan 14 kursi di DPRD Sumbar sedangkan peringkat kedua PKS dengan 10 kursi, jumlah yang sama juga diraih oleh Demokrat dan PAN juga sepuluh kursi.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan periode sebelumnya.

"Kepada dewan baru kami berharap ada lebih banyak lagi perda yang dihasilkan, serta bersama dengan pemprov untuk mewujudkan cita-cita kesejahteraan masyarakat," katanya.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2019