London (ANTARA News) - Dubes RI untuk Federasi Rusia Wahid Supriyadi, menghadiri peresmian Muslim Tatar Cultural Center (MTCC) ditandai dengan pembukaan selubung plakat oleh Mufti Sheikh Ravil Gainutdin dan Dubes Wahid Supriyadi mewakili kalangan diplomatik yang hadir di kota Staraya Kupavna, 50 km dari Moskow.

Peresmian mesjid dihadiri Wakil Gubernur Propinsi Moskow, Walikota Noginsk, Walikota Staraya Kupavna, Kepala Gereja Orotodok kota Noginsk, dan perwakilan kedubes Irak, Kuwait, Saudi Arabia, dan Sudan di Federasi Rusia, demikian keterangan KBRI Moskow kepada Antara London, Jumat.

Mufti Sheikh Ravil Gainutdin merupakan Ketua Dewan Mufti Rusia, Ketua Badan Rohani Muslim Federasi Rusia dan juga anggota Dewan Untuk Kerjasama Dengan Asosiasi Keagamaan dibawah Presiden Rusia, dalam sambutannya menyatakan MTCC dibangun tidak hanya sebagai tempat beribadah namun juga sebagai wadah sosial, pendidikan, dan budaya bagi semua orang.Sebab Islam mengajarkan umatnya hidup saling toleransi dan menghormati setiap manusia.

Mufti berusia 57 tahun dari etnis Tatar juga mengenang dan mendoakan korban tewas dan luka dalam tragedi bom di metro kota St. Petersburg tanggal 3 April lalu dan mengutuk pelaku kejahatan brutal ini.

Dubes Wahid menyampaikan belasungkawa atas tragedi pengeboman metro di kota St. Petersburg dan menyatakan aksi teroris tersebut sangat bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang mengajarkan perdamaian dan toleransi antar manusia.

Dubes Wahid yang baru setahun bertugas di Rusia menyatakan telah mengunjungi 18 negara bagian/provinsi dan setiap kunjungannya menyempatkan untuk mengunjungi masjid setempat khususnya di wilayah yang terdapat masyarakat muslimnya. Bahkan dalam kunjungan ke Kazan, dubes menjadi saksi pernikahan sepasang warga Indonesia dip masjid Qul Syarifsana.

Muslim Tatar Cultural Center (MTCC) seluas 400 m2 bertingkat empat dan menampung 400 jamaah di dalam dan 3000 orang di halaman. MTCC dibangun sejak tahun 2010 dengan dana sumbangan masyarakat dan donator khususnya etnis Tatar. Di dalam MTCC terdapat perpustakaan, tempat bermain anak-anak, madrasah kecil, ruang olahraga, dan kafe Halal.

Dari lebih 140 juta penduduk Rusia, sekitar 20 juta beragama Islam, mayoritas etnis Tatar dan etnis di Kaukasus. Islam merupakan agama tradisional berabad-abad berkoeksistensi damai dengan Kristen Ortodok yang mayoritas. Jumlah masjid di seluruh Rusia mencapai 7500 dan ada 4 masjid di ibukota Moskow sedangkan di propinsi Moskow terdapat 50 yayasan semacam MTCC yang umumnya juga berfungsi sebagai masjid.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017