London (ANTARA News) - Aneka kudapan Indonesia seperti pastel, dadar gulung, risoles, klepon, tahu isi, lumpia, bakwan sayur, bakwan jagung, pisang goreng, ketan srikaya, bakso, siomay dan batagor laris di Farmers Market di Dejvicka, Praha 6, Republik Ceko. 

Sekretaris Kedua, Fungsi Protokol, Konsuler dan Penerangan KBRI Praha Fitriyani Riduan menuturkan Indonesia juga menyajikan susu kedelai dan serbat jahe di pasar petani Sabtu (7/11) yang juga diikuti oleh perwakilan dari negara-negara anggota ASEAN lain.

Aneka makanan dan minuman bikinan warga Indonesia di Praha yang disajikan di pasar petani habis terjual sebelum pasar tutup pukul 14.00 waktu setempat.

Seorang warga yang berpartisipasi dalam kegiatan itu, Widya Fahmaani Sykorova, senang bisa ikut mempromosikan kuliner Indonesia di pasar petani.

Menurut Widya, yang fasih berbahasa Ceko, warga lokal lebih menyukai kudapan Indonesia yang asin ketimbang manis di ajang yang dibuka setiap Sabtu sejak Maret hingga Desember dan dikunjungi sekitar 8.000 orang tersebut.

Di samping makanan, ada aneka kerajinan khas Indonesia yang dijajakan di gerai KBRI Praha di pasar petani di Dejvicka.

Duta Besar Indonesia di Praha, Aulia Aman Rachman, mengatakan keikutsertaan Indonesia di ajang pasar petani Praha 6 merupakan bagian dari upaya promosi seni dan budaya.

Selain berpartisipasi di Pasar Petani, KBRI Praha juga mengikuti kegiatan ASEAN Film Festival yang merupakan dua kegiatan terpenting ASEAN Committee in Prague (ACP) untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015