Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Tiongkok menjanjikan 16 juta dolar AS untuk mendukung layanan cloud bagi 100 startup di Tiongkok, seperti dilansir Tech In Asia.

Microsoft juga dilaporkan bermitra dengan Nothern Light Venture Capital, DCM dan Gobi Partner untuk menawarkan investasi keuangan di samping dukungan dan layanan cloud. 100 startup tersebut akan dipilih oleh Microsoft dan mitra Venture Capital-nya.

Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung tahap awal pengembangan startup di Tiongkok. Lebih dari itu, langkah tersebut juga jelas bertujuan untuk membawa lebih banyak perusahaan Tiongkok ke layanan platform cloud milik Microsoft Azure.

Sebelumnya, Microsoft juga telah memberikan layanan Azure secara gratis. Sejak platform tersebut diluncurkan di Tiongkok Maret tahun lalu, Azure dilaporkan mengakuisisi 50.000 klien domestik, termasuk 34 biro pemerintah Tiongkok.

Azure telah berkembang cepat selama setahun. Meski demikian, platform cloud Microsoft itu memiliki beberapa pesaing kuat di wilayah tersebut, diantarnya Aliyun milik Alibaba, yang (mungkin) secara kebetulan mengumumkan program cloud serupa pada awal pekan ini.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015