Jakarta (ANTARA News) - Pakistan Telecommunication Authority (PTA) telah meminta ISP (penyedia layanan internet) untuk memblokir akses ke WordPress.com, laman ProPakistani melaporkan, seperti dilansir Tech In Asia.

Hal ini membuat semua blog di WordPress tidak dapat diakses. Namun, situs yang didukung oleh WordPress, seperti Tech In Asia, tidak terpengaruh oleh hal ini.

Pemblokiran ini bertepatan dengan Hari Nasional Pakistan, menandai Resolusi Lahore tanggal 23 Maret 1940, yang membuka jalan bagi pembentukan Pakistan.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi mengapa WordPress dibliokir, blog Pakistan menghubungkannya dengan "masalah keamanan" konten di WordPress.

Pemerintah Pakistan sebelumnya juga memblokir Facebook pada tahun 2010, dan YouTube di tahun 2012.

ProPakistani mengutip sumber di PTA yang tidak disebutkan namanya yang menunjukkan bahwa blok di WordPress akan dicabut segera setelah Hari Nasional. Namun, sumber tersebut menolak untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya telah terjadi.

India juga telah memblokir beberapa situs dengan alasan keamanan. Awal tahun ini, 32 situs diantaranya Vimeo dan Github diblokir.

Hal tersebut juga terjadi di Tiongkok yang telah banyak memblokir situs-situs, diantaranya yang terbaru adalah pemblokiran layanan berita global Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015