Jakarta (ANTARA News) - Reading Indonesia Project (Ripro) merilis hasil penelitian tentang lima nama Menteri Kabinet Kerja yang paling banyak dibicarakan di jejaring sosial Twitter.

Kelimanya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang dibicarakan dalam 69.354 tweet, diikuti Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said (23.153), Menteri Pedesaan dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Djafar (23.139).

Serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (17.858) dan Menko Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjianto (13.105).

"Secara umum, pembicaraan tentang menteri menyangkut bagaimana kinerja mereka," kata Peneliti Ripro Agus Mulyono dalam diskusi di Jakarta, Senin.

Penelitian yang dilakukan Ripro pada 23 Januari hingga 18 Februari 2015 itu juga menyoroti komentar terhadap kinerja beberapa menteri yang berasal dari unsur partai.

"Dengan pernyataan dan kebijakan yang mereka ambil, publik menilai mereka belum lepas dari kepentingan partai," kata Agus.

Ia mengatakan, publik akan terus menilai secara rutin bagaimana kinerja Kabinet Kerja dengan berkomentar di Twitter. "Pola dukungan harus menjadi pertimbangan bagi Presiden Joko Widodo dan kabinetnya," katanya menjelaskan penelitian yang bekerjasama dengan Paramadina Graduate School dan Awesometrics itu.

Pewarta: Try Reza Essa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015