NEW YORK, 29 Januari 2015 (Antara/PRNewswire) -- QTRAX, layanan musik digital gratis dan legal, hari ini mengumumkan serangkaian inisiatif pengkompensasian para penulis lagu dan seniman (seniman) dengan cara yang lebih menguntungkan dan representatif. Detail rencana ini terdapat di dalam laporan terperinci ektensif oleh Qtrax dan disusun oleh satu dari Empat Besar firma audit.

 

Logo - http://photos.prnewswire.com/prnh/20150129/172177LOGO

Photo - http://photos.prnewswire.com/prnh/20150129/172176

 

Artist Manifesto (pelajari di www.qtrax.com) merupakan Deklarasi Hak-hak Seniman yang berisi sejumlah inisiatif untuk memberikan masukan yang lebih banyak dan kompensasi kepada para seniman dengan lebih adil dan lebih hormat. Ide utamanya ialah untuk memberikan sang seniman kompensasi yang setara dengan kepemilikan saham sebesar 30%. Alokasi kepemilikan saham ini termaktub di dalam sebuah entitas hukum bernama Artist Trust yang didaftarkan oleh sebuah Lembaga Hak Asasi (Rights Organization), yang kini tengah diseleksi.

 

Sang seniman akan berbagi laba Qtrax dan mendapatkan manfaat dari event likuiditas apapun seperti IPO atau trade sale, cara yang serupa seperti pemangku kepentingan menambah kekayaan mereka.

 

Pengalokasian saham 30% akan didivestasikan kepada sang seniman dengan periode selama 10 tahun yang berdasarkan jumlah tampil sang seniman.

 

"Saham merupakan sumber pendapatan yang sesungguhnya dari berbagai layanan musik digital masa kini, termasuk layanan yang kami tawarkan. Para seniman mendapatkan kompensasi sangat kecil dengan jalur pendistribusian yang sangat memprihatinkan, namun di sisi lain nilai dari layanan musik digital terus tumbuh hingga bernilai miliaran dolar. Padahal tanpa kreativitas sang seniman, maka tak akan ada layanan musik apapun - sebuah fakta yang gamblang namun tidak dihormati oleh struktur ekonomi sekarang. Sekarang, kita tidak usah menyalahkan siapapun, namun kita harus berintrospeksi dan mengoreksi apa yang sedang terjadi sekarang. Tidak ada perimbangan yang dapat menghentikan laju isu ini dengan signifikan. Mengingat hal ini sudah sangat memprihatinkan, maka peningkatan persentase tidak akan memberikan dampak positif yang nyata bagi para seniman. Perusahaan rekaman mudah saja memiliki saham dari layanan musik, namun para seniman tidak dapat melakukan hal tersebut. Sekarang lah saatnya mereka menjadi pemilik dari layanan musik tersebut, bukan lagi untuk terus-menerus menjadi sapi perah. Kami mengajak semua layanan musik digital, sekarang dan di masa depan, untuk turut mengkontribusikan saham ke dalam Artist Trust agar dapat memberikan manfaat bagi para seniman. Dana hasil IPO akan memberikan pemasukan substansial kepada para seniman dan penulis lagu," ujar Pendiri dan CEO Qtrax, Allan Klepfisz.

 

"Seiring dengan QTRAX membangun event likuiditas pada 2-3 tahun ke depan, maka Artist Trust akan mendapatkan pendanan dalam bentuk periklanan dan sponsorship oleh produk-produk yang percaya kalau kekuatan musik dapat menghubungkan mereka dengan para pelanggan," ungkap Presiden dan Direktur Pemasaran Qtrax, Lance Ford.

 

Tentang QTRAX:

QTRAX (www.qtrax.com) adalah pelaku berkembang dan unik di dalam industri musik digital yang akan meluncurkan layanan versi terbaru "Free and Legal Music Service" pada kuartal pertama 2015. Qtrax tersedia di 68 negara.

 

Untuk informasi lebih lanjut:

 

Julia Lyschik (COO), julia@qtrax.com ; +1 (646) 678 4542   

Twitter  

Facebook

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015