Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi perpetaan atau navigasi HERE dari Nokia sekarang sudah tersedia untuk smartphone Samsung dan sudah bisa diunduh melalui Galaxy Apps Store.

HERE untuk Android versi beta itu bisa digunakan pada smartphone-smartphone buatan Samsung, termasuk Galaxy S5, kata Nokia dalam blog resmi HERE, Minggu.

Setelah mengunduh, pengguna bisa langsung sign in baik dengan akun HERE (jika sudah punya) atau via akun Facebook, meskipun tanpa registrasi pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Bedanya, jika pengguna sudah mempunyai akun atau teregistrasi, maka ia bisa membuat Collections, pengkatogorian yang tersimpan dalam bookmarks.

Collections akan tersimpan di cloud dan dapat diakses dari berbagai perangkat, dan fasilitas itu tidak dipunyai oleh pengguna yang tidak mempunyai akun, katanya.

Dalam HERE untuk Android itu, Nokia menyediakan fitur Download Maps yang memungkinkan pengguna mengunduh peta berdasarkan negara, bahkan negara lain yang hendak dikunjungi.

Ukuran file peta pada HERE relatif kecil dan mudah diunduh karena berbasis vektor, meskipun tetap tersedia dengan lengkap nama jalan dan bangunan.

HERE untuk Android versi beta itu bisa dijalankan di semua smartphone Samsung Galaxy yang bersistem operasi serendahnya Android 4.1 (Jelly Bean).

Aplikasi juga mensyaratkan RAM 1GB atau lebih, ukuran layar smartphone antara 4,5 hingga 6,9 inci.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014