Jakarta (ANTARA News)- Layanan televisi teresterial berteknologi 3D pertama di dunia diluncurkan secara resmi di Italia oleh Mediaset, saluran televisi setempat, sepekan silam.

Layanan yang dikenal dengan nama 3VOD yang bisa diakses dengan menggunakan set top box Bestv milik Motive itu, menawarkan kepada pelanggannya sekitar 50 film untuk dinimati.

Sebelumnya layanan tv 3D masih terbatas pada layanan televisi kabel dan satelit dengan kapasitas bandwith besar.

Tetapi TV 3D pada awalnya bermasalah dengan besarnya ukuran file karena setiap frame mempunyai dua gambar sehingga ukurannya menjadi dua kali lebih besar dari siaran 2D.

"Saya percaya ini adalah yang pertama di dunia," ujar Guiseppe Flores d'Arcais, pendiri Bestv dan direktur Motive seperti dikutip The Wall Street Journal.

Menurutnya layanan ini ditujukan kepada para penonton yang masih menerima pancaran siaran melalui satelit dan udara, ketimbang menggunakan internet.

"Anda tidak butuh 10 megabyte di rumah," tegasnya kemudian.

Yang dilakukan oleh 3VOD sebenarnya sederhana. Layanan itu terus mengirim secara file ke set top box sepanjang hari secara perlahan-lahan . Perangkat itu kemudian menyimpan file-file itu di hard drive.

Dengan mengalirkan data secara perlahan saluran tv, yang biasanya memancarkan siaran hingga ke tujuh chanel (multiplex), bisa mengambil manfaat yang besar dari bandwith yang tidak digunakan.

"Dalam sebuah multiplex Anda bisa selalu memiliki konten yang berbeda. Jadi ketika di satu chanel Anda menyiarkan acara sepak bola yang mana membutuhkan bandwith yang besar, mungkin di chanel lain Anda hanya menyiarkan kartun atau siaran berita," ucap d'Arcais.

"Dalam multiplex Anda selalu bisa menemukan ruang tidak terpakai, bahkan ketika prime time," pungkasnya.

(Ber/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011