Timika (ANTARA News) - Letkol Inf Herman Asaribab, putra Papua asal Biak, Senin dilantik oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hotma Marbun menjadi Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 20 Ima Jaya Keramo (IJK) Timika menggantikan Kol Inf Agus Subiyakto.

Herman yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1988 itu sebelumnya bertugas sebagai Pabandyamindik Spaban 2/Bindik Spersad.

Ia merupakan orang pertama alumni Akmil angkatan 1988 yang dipercayakan menjabat Komandan Brigif pada jajaran TNI-AD.

Ada pun Agus Subiyakto akan menduduki jabatan baru sebagai Direktur Pembinaan dan Pengembangan pada Puskib Kodiklat TNI-AD di Bandung.

Pangdam XVII/Cenderawasih Hotma Marbun dalam amanatnya meminta Herman Asaribab meningkatkan kerja sama dengan semua komponen masyarakat di Timika agar keberadaan TNI tidak menjadi momok yang menakutkan bagi rakyat.

"Setiap brigade atau batalyon tidak boleh jadi momok bagi masyarakat. TNI merupakan salah satu institusi yang harus menggandeng semua pihak untuk membangun dan memajukan rakyat Papua," kata Marbun.

Menurut dia, keberadaan prajurit TNI di tengah masyarakat dalam upaya meningkatkan kemajuan masyarakat setempat, bukan untuk dibenci oleh rakyat.

"Saya minta Danbrigif yang baru melakukan percepatan peningkatan profesionalisme satuan, melakukan pembinaan prajurit dan terobosan yang dipandang perlu dengan tetap mengintrospeksi dan evaluasi terhadap semua tugas," pinta Pangdam XVII/Cenderawasih itu.

Pelaksanaan sertijab Danbrigif 20 IJK Timika bertepatan dengan perayaan HUT ke-3 Brigif 20 IJK Timika.

Brigif 20 IJK Timika membawahi tiga batalyon masing-masing Batalyon Infanteri (Yonif) 754 Eme Neme Kangasi Timika, Yonif 755 Yalet Merauke dan Yonif 756 Winame Sili Wamena.

Usai sertijab Danbrigif 20 IJK, para prajurit TNI-AD menggelar atraksi pengintaian dan penyerangan kelompok sipil bersenjata yang akan mengganggu stabilitas NKRI di wilayah Timika. (E015/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010